Video Detik-Detik Meledaknya Roket Antares NASA


Roket Antares tak berawak milik National Aeronautics and Space Administration (NASA) meledak beberapa detik setelah lepas landas dari landasan peluncuran komersial Wallops Flight Facility di Virginia, Amerika Serikat, pada Selasa, 28 Oktober 2014, waktu setempat. Ini adalah kecelakaan pertama sejak NASA beralih ke operator swasta untuk menyediakan kargo ke Stasiun Internasional Luar Angkasa (ISS)

Seperti yang dikutip dari tempo.co, roket ini dibuat dan diluncurkan oleh Orbital Sciences Corp menuju ISS. Beberapa saat setelah diluncurkan roket ini langsung berubah menjadi bola api besar di angkasa.

“Kami belum mengetahui penyebab kecelakaan. Sampai saat ini belum ada laporan dari personel di sekitar lokasi. Namun kami dapat pastikan tidak ada yang terluka,” kata komentator misi NASA, Dan Hout.

Sementara itu, pengawas peluncuran roket NASA menduga kegagalan terjadi karena fasilitas peluncuran roket yang terbatas. Sebab, roket Antares pernah meluncur dengan sukses pada empat misi sebelumnya.

Orbital Science adalah satu dari dua perusahaan yang disewa oleh NASA untuk menerbangkan kargo ke ISS. Peluncuran Antares adalah yang ketiga dari delapan misi dari kontrak antara perusahaan dan NASA senilai US$ 1,9 miliar (Rp 23 triliun).

Antares diluncurkan untuk membawa pesawat luar angkasa bernama Cygnus berbobot 2.293 kilogram yang membawa persediaan makanan, perlengkapan astronaut, dan peralatan sains ke ISS. Cygnus akan diterbangkan di sekitaran orbit hingga 2 November nanti lalu terbang ke laboratorium ISS yang dioperasikan oleh 15 negara.

Share

Tinggalkan Balasan