10 Produk Gagal Facebook

unlike-facebook-pageTapi ternyata ndak semua produk yang diperkenalkan sama facebook ini sakses lho. Selama ni ternyata facebook banyak mengeluarkan prodak-prodak yang kurang diminati kemudian dimatikan. Ini dia selengkapnya info yang dikutip dari NGONOO.com

 

1. Facebook Beacon

facebook-beacon

Produk ini akan melacak kebiasaan pengguna yang suka berbelanja onlen kemudian facebook kerjasama dengan pengiklan buat ngasih rekomendasi user lain. Misal nih temen kamu baru aja beli sepatu lari meskipun jarang dipakai, trus facebook punya pengiklan merk pro ATT misalnya. Kebetulan yang dibeli temen kamu itu juga merknya pro ATT, Jadilah iklan notifikasi Temen kamu membeli Sepatu lari merk Pro ATT meskipun jarang dipakai, gitu.

Namun karena banyak yang protes karena masalah privasi, facebook pada akhirnya matiin produk ini.

2. Facebook Credit

facebook-credits

Jaman dulu permainan seperti farmvile atau zynga poker merajalela, facebook buat terobosan bernama facebook credit. Seperti mata uang virtual buat beli-beli jualannya facebook gitu. Namun karena udah ada paypal yang lebih flexible, ini jadi kurang efisien akhirnya dibunuhlah fb credit ini pada 2012.

3. Facebook Places

places1

Buat nyaingin foursquare, facebook bikin prodak ini. Gunanya sih buat yang onlen pakai mobile bisa ngapdet status sekaligus ngasih tahu dimana dia berada. Tapi karena user gak suka-suaka amat sama fitur ini akhirnya facebook ganti dengan “nearby Places”

4. Facebook deals

facebook-deals

pada 2011 facebook coba-coba bikin saingan groupon atau livingsocial buat ngasih informasi deals untuk lokal bussiness, jaman itu nanti bakalan pakai facebook credit pas masih hidup. Udah dicoba di 5 kota namun akhirnya gak diterusin..

5. Facebook Subscribe

subscribe

September 2011 facebook meluncurkan facebook subscribe, gunanya sih buat subscribe orang-orang populer atau siapapun yang enggak jadi temen FB. Namun kemudian fb rebranding ini jadi follow.

6. Facebook on This Day

on-this-day-6401

Facebook memperkenalkan fitur ini untuk memberikan informasi teman kamu nulis apa di statusnya pada tanggal dan bulan ini beberapa tahun lalu. Entah karena apa fitur inu gak bertahan lama, mungkin karena sesuatu..

7. Facebook Sponsored Stories

facebook

Fitur ini bakalan muncul ketika kamu ada disuatu bussines place, ketika kamu memberikan komentar atau apa bakalan muncul informasi berapa kali check ini disitu. Ini menjadi masalah yang membuat fb dituntut 20juta dollar, masalah permission gitu lah. Dan akhirnya fitur ini dibunih.

8. Facebook online Offer

facebookcoffeeoffer_616

Pada 2012, facebook mengijinkan adevertiser untuk memberikan penawaran berupa deals atau coupon di fb dan langsung bisa di redeeem. Namun kemudian facebook menghentikan ini dan lebih mengarahkan merujuk langsung ke web ybs.

9. Facebook Questions

facebook-questions-5

Tahun 2010 sewaktu mengganti status facebook memberikan semacam pertanyaan polling. Fungsinya sih semacam buat public Polling gitu, sekarang ini gak ada lagi distatus namun masih bisa dijumpai di fb group.

10. Physical Gifts

facebook_gifts-main

Dahulu kala, kamu bisa ngirim hadiah ketemen2 kamu dengan fitur physical gifts. Yap tul. pakek yang namanya facebook gifts. Namun entah karena gak tahu atau kenapa 80% orang yang pakai ini gak ngirim langsung, cuman makai yang versi virtual aja. Akhirnya, dimatikanlah prodak ini.

Source = Terselubung

Share
Posted in Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan