5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Nintendo Switch

Hanya lewat video berdurasi kurang dari empat menit, Nintendo sudah membuat gamer di seluruh dunia histeris dengan konsol terbarunya.

Bukan Nintendo NX, gamer dikejutkan dengan Nintendo Switch. Tak hanya itu, konsep konsol gim hybrid ini pun terlihat cukup menjanjikan dan menarik.

Lewat konsol terbarunya ini, Nintendo mengubah paradigma konsol rumahan yang lebih mobile. Berdasarkan pantauan tim Tekno Liputan6.com, Nintendo memberikan banyak petunjuk perihal konsol terbarunya di dalam video trailer tersebut.

Hal-hal apa saja yang Nintendo perlihatkan di dalam video yang berdurasi kurang dari empat menit ini? Berikut adalah penjabarannya.

1. Tablet atau Konsol

Saat bermain di rumah, kamu bisa menghubungkan Nintendo Switch ke TV seperti konsol konvensional biasanya.

Saat mencabut Switch dari docking-nya, konsol pun akan beralih fungsi menjadi sebuah perangkat gaming handheld. Menariknya, walau tampil dalam format layar lebih kecil, kualitas grafis tak mengalami penurunan.

2. Kontroler Unik

Tampillan Nintendo Switch. (Foto: Nintendo)Tak akan menarik bila konsol baru Nintendo ini tidak menampilkan sesuatu yang unik. Hadirkan format kontroler dengan konsep modular, Nintendo menyertakan sepasang kontroler mini yang bernama Switch Joy-Con.

Seperti disebutkan sebelumnya, Joy-Con dapat digunakan oleh satu pemain atau berdua. Lewat siaran resminya, Nintendo mengungkap bahwa Joy-Con bisa dipasangkan ke tablet atau ke aksesoris bernama Grip.

3. Berbasis Kartrid, Seperti 3DS

Seperti yang diperlihatkan di dalam video, Nintendo Switch akan menggunakan kartrid untuk bermain gim.

Disebut Game Cards oleh Nintendo, kartrid ini memiliki bentuk yang mirip dengan kartrid yang biasa digunakan di 3DS.

Selain kartrid, masih belum ada kabar apakah Nintendo Switch akan menampilkan toko online di dalam system sebagai tempat untuk membeli gim dalam format digital atau tidak.

4. Handheld Berkemampuan Konsol

Walau Nintendo masih tutup mulut perihal spesifikasi yang digunakan, Nintendo Switch dipastikan menggunakan teknologi milik Nvidia.

Perusahaan pembuat chip tersebut mengonfirmasi dukungannya di konsol baru Nintendo melalui posting-an di blog resminya.

Nintendo Switch gunakan hardware dari Nvidia. (Foto: Mashable)Dalam posting-an tersebut, Nvidia mengatakan kalau konsol terbaru Nintendo ini menggunakan prosesor Tegra yang sudah dikostumisasi.

Nvidia pun mengklaim kalau performa grafis di Nintendo Switch ini setara dengan kemampuan kartu grafis GeForce untuk PC.

5. Dirilis Maret 2017

Yup, konsol terbaru Nintendo ini akan dirilis dalam waktu kurang lebih lima bulan lagi dari sekarang.

Walau begitu, mengenai harga konsol ini masih menjadi misteri. Semoga saja, harga yang Nintendo banderol nantinya tak akan menguras isi dompet.

Nintendo Switch

Share

Tinggalkan Balasan