5 Hewan yang Jago Berhitung di Dunia


Ternyata tidak hanya manusia saja yang pandai berhitung loh, percaya atau tidak hewan pun memiliki kemampuan numerik yang membantu mereka menyelesaikan sebuah masalah. Namun untuk mengenal angka-angka, beberapa hewan harus dilatih dan dikenalkan dulu dengan bimbingan pelatih, pemilik dan atau peneliti. Berikut dikutip dari  unikgaul.com 5 hewan yang jago berhitung:

 

1. Ayam yang Pandai Berhitung

Sobat Unik di Inggris terdapat seekor yang memiliki kemampuan berhitung luar biasa, karenanya tak heran jika ia pun mampu memainkan trik kartu. Namun kemampuan tersebut tidak begitu saja dimiliki oleh si ayam, karena pemilik ayam berperan langsung untuk mengajari hewan peliharaannya itu berhitung. Helen Rose, perempuan Inggris yang dengan sabar mengajarkan ayam kesayangannya, JJ, untuk mampu berhitung.

Uniknya cara JJ bermain kartu adalah dengan mengingat pola/gambar yang terdapat di dalam kartu. Saat Helen memperlihatkan sebuah kartu, maka JJ akan mematu kartu tersebut sesuai dengan jumlah yang diinginkan. Jika JJ menjawab dengan benar, maka Helen akan memberinya hadiah biji bunga matahari. Helen bahkan mengajari JJ berhitung mulai dari angka satu hingga sepuluh, namun saat ini JJ baru bisa menghitung hingga angka 8.

 

2. Anjing yang Pintar Matematika

Lu Zeshen seorang lelaki dari Provinsi Jiangsu, China, memiliki anjing yang memiliki kemampuan berhitung luar biasa. Menurut Lu anjing yang dinamainya Potato mampu menjawab beragam soal matematika, setelah sebelumnya ia mampu melakukan penghitungan.

Saat Lu mengajukan pertanyaan maka Potato akan menggonggong untuk memberikan jawabannya. Berdasarkan pengakuannya Lu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengajarkan perkalian, pengurangan, penambahan dan pembagian kepada anjing kesayangannya itu. Bahkan menurut Televisi Pemerintah China, Potato bisa menghapal nomer telefon selular dan mampu menghapal usia seseorang.

 

3. Merpati yang Jago Matematika

Sobat Unik ternyata selain anjing Potato asal China ada juga hewan lain yang pintar matematika loh. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Damian Scarf bersama timnya dari Universitas Otago, burung merpati memiliki kemampuan berhitung, mengurutkan angka abstrak dari yang terkecil hingga terbesar. Hasil penelitian ini sangat mengejutkan para peneliti, karena semula mereka mengira hanya primatalah yang memiliki kemampuan berhitung. Sama halnya dengan ayam JJ dari Inggris dan anjing Potato dari China, burung merpati ini menghitung dengan cara mengigat terlebih dahulu simbol-gambar yang diberikan dan diajarkan kepadanya.

 

4. Lumba-Lumba Menggunakan Matematika Saat Berburu

Hewan lain yang jago berhitung adalah lumba-lumba, namun yang paling berkesan dan mengagumkan kemampuan berhitungnya digunakan saat berburu mangsa. Seperti yang diteliti oleh tim dari University of Southhampton, Inggris, lumba-lumba memiliki teknis khusus untuk berburu mangsangya. Mereka membuat jaring gelembung udara sehingga mangsanya merasa terjebak dan bergerak ke arah lumba-lumba.

Dengan kemampuan ekolokasi, lumba-lumba menggunakan sonar untuk menentukan mangsa yang akan dilahapnya. Sonar berguna untuk membantu lumba-lumba untuk membedakan ikan dari gelembung. Dan lumba-lumba akan menghitung umpan balik dari sinyal sonar yang dipancarkan. Menurut para ahli prinsip dasar itulah yang membuat lumba-lumba berhasil setiap kali melakukan perburuan.

 

5. Lebah Menggunakan Matematika Sebagai GPS

Hewan yang jago berhitung terakhir adalah dari jenis serangga, yakni lebah. Sebuah penelitian mengatakan bahwa lebah adalah serangga pertama yang diketahui mampu memecahkan masalah matematika yang kompleks untuk menemukan rute terpendek menuju sumber makanan.

Uniknya sebelum mereka mencari sari bunga, lebah pemandu akan memberitahukan kepada lebah-lebah yang lain tentang arah dan sudut sekaligus jarak antara sumber makanan dengan sarang mereka. Maka dapat dikatakan bahwa lebah menggunakan perhitungan matematika sebagai panduan perjalanan menuju sumber makanan mereka. Lebah pemandu akan memberitahukan kepada lebah-lebah lainnya dengan cara menari.

 

Source = Terselubung

Share

Tentang Rinaldo Jonathan

Admin of this site.
Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan