5 Tips Menolong Orang Pingsan

Tips-Menolong-Orang-Pingsan (1)

Pingsan adalah suatu kondisi kehilangan kesadaran secara mendadak, dan biasanya hanya untuk sementara. Pingsa di sebabkan oleh kurangnya aliran darah dn oksigen ke otak. Walaupun bersifat sementara, tapi jika orang tersebut tidak dapat berganti posisi menjadi hampir horizontal, maka ia dapat mati akibat efek trauma suspensi.

Untuk itu, jika kamu melihat orang tiba-tiba jatuh pingsan, segeralah menolong dengan cara-cara yang berikut ini, agar orang tersebut segera sadar. Berikut info yang dikutip dari berjambang.blogspot.com

1. Menggunakan bau-bauan

Untuk mengembalikan kesadaran seseorang, kamu dapat menggunakan bau-bauan yang menyengat dan merangsang seperti minyak wangi, minyak kenyong-nyong, minyak kayu putih, dan masih banyak lagi.

2. Topang tubuh mereka

Jika wajah orang yang pingsan tersebut menjadi pucat, maka hal yang harus kamu lakukan adalah menopang tubuhnya dan buat tubuhnya lebih tinggi dari kepala, sanggahlah dengan sesuatu, agar daranya bisa mengalir ke kepala.

Namun, jika wajah orang pingsan tersebut berwarna merah, maka topanglah kepalanya, dan buat lebih tinggi dari tubuhnya. Supaya darah dapat mengalir ke tubuhnya.

3. Longgarkan pakaiannya

Jika pakaian yang dipakai korban terlalu ketat, maka kamu bisa mengendurkannya agar darahnya dapat mudah mengalir, dan bernapas dengan lega.

4. Jangan bergerombol

Sering kali orang-orang akan bergerombol ketika melihat seseorang jatuh pingsan. Sebaiknya hal itu dihindari karena jika orang-orang bergerombol aka membuat korban menjadi susah mendapatkan udara yang segar.

5. Minuman manis

Jika orang tersebut sudah siuman atau sadar, maka berilah dia air gula atau teh, namun jika orang tersebut terkena penyakit diabetes, makan jangan di beri gula.

Source = Terselubung

Share
Posted in Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan