Ableton Live 9 Tutorial – Part 1 (Audio Interface Setup)

Intinya :

Pasang dulu driver bawaan soundcard kamu. Sebagai contoh, disini aku ada Lexicon Alpha dan Presonus AudioBox. Semuanya punya driver ASIO nya masing masing, jadi download di website pembuatnya.

Apa itu ASIO?

ASIO adalah protokol driver sound card. Pertama kali dibuat oleh Steinberg (yang bikin Cubase sama Nuendo), membuat soundcard dapat diakses secara eksklusif oleh software.

Karena eksklusif itu, soundcard nya gak bisa dibagi dengan Windows. Karena itu, untuk suara diluar Ableton Live, harus pakai soundcard tersendiri.

Soundcard kamu gak ada driver ASIO nya? Buang Coba pake driver ASIO4all disini. Note, aku tetap merekomendasikan kamu buang itu soundcard, trus beli yang ada driver ASIOnya sih.

Next, buka Ableton Live nya. Trus buka preferences nya. (Shortcut : CTRL ,)

Klik menu Audio di sebelah kiri, trus pilih Driver type. Trus pilih ASIO. Setelah itu, pilih driver ASIOnya. biasanya sih ada merk devicenya. misalnya Presonus AudioBox, tertulis “AudioBox ASIO Driver”.

Untuk sample rate, pilih aja 44100. Untuk latency dan kawan kawannya, bisa dilihat di panel ASIO soundcard kamu. nah kalau udah disini, baca manual soundcard kamu.

Setelah itu colok speaker. gak perlu diajarin kan?

Oke, sampai disini dulu.

Until next time ….

Share

One thought on “Ableton Live 9 Tutorial – Part 1 (Audio Interface Setup)”

Tinggalkan Balasan