Ciri-ciri 4L4Y


Alay adalah singkatan dari Anak layangan, Alah lebay, Anak Layu, atau Anak keLayapan yang menghubungkannya dengan anak JARPUL (Jarang Pulang). Tapi yang paling santer adalah anak layangan. Dominannya, istilah ini untuk menggambarkan anak yg sok keren, secara fashion, karya (musik) maupun kelakuan secara umum. Konon asal usulnya, alay diartikan “anak kampung”, karena anak kampung yang rata-rata berambut merah dan berkulit sawo gelap karena kebanyakan main layangan.

Berikut adalah pengertian alay menurut beberapa ahli, dikutip dari tipstopsbangets.blogspot.com

Koentjara Ningrat:
“Alay adalah gejala yang dialami pemuda-pemudi Indonesia, yang ingin diakui statusnya diantara teman-temannya. Gejala ini akan mengubah gaya tulisan, dan gaya berpakain, sekaligus meningkatkan kenarsisan, yang cukup mengganggu masyarakat dunia maya. Diharapkan Sifat ini segera hilang, jika tidak akan mengganggu masyarakat sekitar”

Selo Soemaridjan:
“Alay adalah perilaku remaja Indonesia, yang membuat dirinya merasa keren, cantik, hebat diantara yang lain. Hal ini bertentangan dengan sifat Rakyat Indonesia yang sopan, santun, dan ramah. Faktor yang menyebabkan bisa melalui media TV (sinetron), dan musisi dengan dandanan seperti itu.”

Tapi seiring perkembangan zaman, alay sering diidentifikasikan menjadi narsis, fotogenic, sok gaul, emo dan lain-lain.

 
Secara garis besar, ciri-ciri alay adalah sebagai berikut

1. Selalu ngerasa paling tau tentang sepeda dan kegiatan bersepeda. Padahal jarang banget gowes, sekalinya gowes palingan pas ada Event atau ada liputan aja untuk memburu Goodie Bag atau sekedar rarsis

2. Pas nongkrong, yang cewek godain cowok, yang cowok godain cewe

3. Kalo lagi ngumpul bawa handshet buat dengerin lagu lewat handphone (suka pamer ga jelas & sok asik gitu deh). Trus sok telpon-telponan dan bbm-an. kondisi terparah, biasanya suka ngunjukin bbm dari ce/co ke temenya, biar dibilang klo ce/co nya perhatian ama dia.

4. Sok EMO tapi ditanya sejarahnya emo ga tau.

5. Sok pengen ‘gaul’ mau ngikutin tren yang sekarang tapi terlalu LEBAY (cth: nge-mix baju ga kira kira; baju ijo, celana kotak kotak, sepatu merah, kacamata biru!)

6. Dimana mana selalu ada acara yg namanya ‘putu putu narziz’, entah itu di track sepeda, WC, mobil, kamar, stasiun, angkot, dll.

7. Fotonya ga nahan semua! (dengan gaya di imut imutin, dideketin lampu biar ‘terang bgt’, foto deket bgt dari wajah, biar jeleknya ga keliatan, foto dari atas, biar kelihatan keren kali ya, dll. Pokoknya yang bisa bikin ENEG semua orang)

8. Buat cewek tiap hari kerjaannya ngomongin tentang cowo mulu! (contoh: eh tau ga si A tadi gini loh sama gue hahaha lucu bgt ya? yah pokoknya sok pamer gitu deh, berasa cantik)

9. Buat cowok, tiap hari kerjaannya cari musuh (ribut) mulu sama temen temen cowoknya yg lain *biar dianggep keren gituw*

10. Di facebook bagi yang cewek majang cowok-cowok ganteng semua, meski ga kenal, biar dianggep cantik & gaul. Kalo yg cowok ya majang foto cewek semua, walau ga kenal biar dikata cowok ganteng.

11. Nama facebokk mengagung-agungkan diri sendiri, seperti : pRinceSs cuTez, sHa luccU, tIkka cAntieqq, etc.

12. Kata/singkatan selalu diakhiri huruf z/s (cth: nama talitra, dbuat jadi: talz. Nama niken, dibuat jadi qens, dsb!)

13. Foto di facebook bisa nyampe 300 lebih padahal cuman foto dirinya sendiri

14. Suka menghina orang lain yang ga sama kaya dia

 

Source = Terselubung

Share

Tentang Rinaldo Jonathan

Admin of this site.

Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan