Fakta Terselubung Tentang Hula Hoop


Hula hoop, permainan menggunakan alat seperti gelang besar dan diputar sambil badan bergoyang mengikuti gerakannya agar tak jatuh, sudah dikenal banyak orang. Selain digemari anak-anak, hula hoop makin populer sebagai alat olah raga pelangsing tubuh.

Namun, tahukah kalian asal-muasalnya, mengapa disebut hula hoop dan bagaimana kisahnya hingga begitu mendunia? 6 fakta di bawah ini akan menjawabnya seperti dikutip dari apakabardunia.com

 

1.Hula hoop adalah mainan berbentuk yang berputar di sekitar pinggang, tungkai atau leher. Hulahop untuk anak-anak umumnya berukuran diameter sekitar 28 inci, dan untuk orang-orang dewasa sekitar 80 inci. Bahan tradisional pembuat hulahop ini biasanya adalah semak dedalu, rotan, ranting anggur dan rerumputan kaku. Sekarang biasanya terbuat dari pipa plastik.

 

2.Konon menurut penelitian para ahli hula hoop adalah permainan anak-anak yang sudah berasal dari ribuan tahun yang lalu. Anak-anak yang berasal dari Mesir kuno bahkan dari Yunani kuno telah bermain dengan menggunakan hulahop sejak 3000 tahun yang lalu. Suku Indian di Amerika juga telah memakai hulahop sebagai permainan anak-anak yang dapat menguji ketepatan memanah dan menombak sasaran. Pada kemudian hari, hulahop mulai banyak digunakan oleh orang dewasa untuk menjaga tubuh agar selalu bugar.

 

3.Hula hoop terdiri dari kata hula yang berasal dari para pelaut yang mengunjungi Hawaii. Pemakaian kata hula dikarenakan para pelaut itu melihat bahwa terdapat kesamaan dari tarian hula-hula yang berasal dari Hawaii dengan cara bermain hulahop sendiri.

 

4.Pada awalnya hula hoop dibuat dari rotan atau kayu. Karena adanya perkembangan jaman, pada tahun 1957, dibuatlah hulahop pertama yang terbuat dari plastik. Hulahop jenis ini banyak disukai dan langsung sukses bahkan hanya dalam beberapa bulan saja hulahop dari plastik ini dapat terjual hingga 100 juta buah.

 

5.Pada tahun 1957, sebuah perusahaan Australia mulai membuat ring dari kayu untuk dijual di toko-toko eceran. Alat ini menarik perhatian Wham-0, sebuah bibit perusahaan mainan dari California. Richard P. Knerr dan Arthur K. Melin, dari Wham-O, mulai memproduksi ring dari bahan plastik dalam berbagai warna-warna cerah.

Knerr dan Melin dipromosikan selama berbulan-bulan pada tahun 1958 di sebuah taman bermain di selatan California di mana mereka akan melakukan demonstrasi dan memberikan ring secara cuma-cuma agar anak-anak dapat belajar dan bermain.

Ketekunan mereka membuat ”Hulahop” menjadi sebuah trend terbesar di negara-negara seluruh dunia yang pernah ada. Dua puluh lima juta item telah terjual dalam empat bulan! ”The Hulahop” diperkenalkan pada tahun 1958 dan membuat kedua orang itu menjadi sangat kaya.

 

6.Hulahop telah berkembang dari sekedar permainan anak-anak saja kemudian menjadi alat olahraga. Hulahop mulai dipertandingkan secara resmi. Dalam perlombaan ini, para peserta dinilai berdasarkan penampilan mereka. Penampilan ini dibagi menjadi gaya bebas dan gaya wajib.

Source = Terselubung

Share

Tentang Rinaldo Jonathan

Admin of this site. Artis papan PCB. #zoneRinaldo #Controllerism Studio Demon, Stage Angel, Sleepy Developer, Smoke free. Kalkud SHS 2012, PCR G15.
Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan