Gila, Pria Ini Berhasil ‘Bikin’ iPhone 6S dengan Modal Rp 4 Juta Saja!

Gak bisa dipungkiri, iPhone 6s adalah salah satu produk buatan Apple yang harga banderolnya cukup mahal. Versi standar dari iPhone seri ini saja dibanderol dengan harga sekitar 549 dolar AS atau setara 7,3 juta rupiah.

Namun tahukah kamu, seorang pria bernama Scotty Allen mengaku berhasil merakit sendiri iPhone 6s-nya bahkan hanya dengan modal uang 4 jutaan rupiah saja. Wah, kok bisa?

Lewat video di YouTube Scotty Allen membeberkan bagaimana ia kepikiran bikin iPhone 6s sendiri!

Dari video yang diunggahnya via akun Strange Parts di YouTube, Allen mengaku termotivasi bikin iPhone 6s-ya sendiri saat banyak orang tahu dia adalah mantan engineer di Silicon Valley. Karena mantan profesinya itulah banyak yang menantangnya untuk membuat sendiri ponsel dan iPhone 6s dipilih karena saat ini dia sedang menggunakan ponsel tersebut. Sehingga akan memudahkannya saat nanti dibandingkan hasil iPhone 6s dari rakitan sendiri dan rakitan pabrikan Apple.

Scooty Allen mengaku, modal Rp 4 juta dikeluarkan untuk membeli komponen iPhone 6s untuk dirakit sendiri. 

Allen yang saat pembuatan video tengah menetap di Shenzhen salah satu kota di Tiongkok yang terkenal dengan pusat industri komponen perangkat elektronik dari berbagai vendor smartphone dunia ini mengaku hanya membutuhkan modal 4 jutaan rupiah saja untuk merakit komponen iPhone 6s secara mandiri. Adapun komponen utama yang dibeli pria ini terdiri dari layar, baterai, papan chipset dan bodi.

Allen mengaku, komponen yang dibelinya itu bukanlah yang terbaik alias baru. Misalnya saja, ia membeli layar yang sudah rusak dan dibongkar pasang dengan komponen yang baru. Allen juga membeli papan chipset yang sudah lengkap dengan sensor serta baterai yang diklaimnya sebagai bagian paling murah saat dibeli yakni hanya 5 dolar AS atau setara 66.000 rupiah saja.

Dibantu teknisi lokal, Scooty Allen pun berhasil merakit iPhone 6s-nya sendiri. Hasilnya?

Dalam proses perakitan, Allen dalam videonya mengaku tak melakukannya semua sendiri. Ia dibantu teknisi lokal yang ditemuinya di sebuah konter. Berkat bantuan teknisi lokal tersebut, iPhone 6s dengan komponen ‘oprekan’ dan modal hanya 4 jutaan rupiah saja berhasil dibuat.

Hasilnya, jika dilihat dari penampilan fisik sih sangat mirip sekali dan bisa dibilang identik. Begitu juga dengan tampilan antarmukanya, cukup mirip lengkap dengan tombol Assistive Touch-nya juga. Gak mengecewakan sih, melihat itu hanya dirakit sendiri.

Biar lebih afdhol, kamu bisa lihat langsung video alias vlog Allen merakit iPhone 6s-nya sendiri di bawah ini.

 

Share

Tentang Rinaldo Jonathan

Admin of this site.
Tulisan ini dipublikasikan di Artikel. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan