Hewan-Hewan yang Lebih Tua daripada Pohon


Menurut Science Daily, pohon modern awal hidup sekitar 345-360 juta tahun yang lalu. Archaeopteris (sekarang sudah punah) membuat hampir sebagian besar hutan di Bumi pada periode Devonian Akhir. Temuan ini dilaporkan oleh tiga ilmuwan di Nature edisi 22 April 1999.

Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Meskipun pohon hanyalah salah satu jenis tumbuhan, dan tumbuhan telah ada lebih lama dari 360 juta tahun; namun menarik untuk mengetahui hewan yang masih ada hingga hari ini, tapi telah ada di Bumi sebelum pohon ada. Di bawah ini adalah empat contoh hewan tersebut.

 

Hiu

Menurut Pelagis Shark Research Foundation dan Pusat Penelitian Hiu ReefQuest, hiu bertanggal kembali lebih dari 400-450 juta tahun yang lalu. Dan selama ini mereka telah selamat dari empat kepunahan massal global dan berdiversifikasi ke lebih dari 470 spesies. Spesies saat ini yang terkenal seperti hiu putih besar, hiu harimau, hiu biru, hiu mako, dan hiu martil adalah predator apex (organisme yang berada di bagian atas rantai makanan bawah air mereka).

 

Nautilus

Setengah miliar tahun. Itulah berapa lama hewan ini telah ada selama ini. Itu lebih dari dua kali lipat waktu dinosaurus pertama menjelajahi bumi sekitar 231 juta tahun yang lalu. Catatan fosil menunjukkan bahwa nautilus tidak berevolusi banyak selama 500 juta tahun terakhir dan sering disebut sebagai “fosil hidup”.

Menurut Peter Ward, seorang profesor biologi di University of Washington:

Nautilus mungkin tidak tampak karismatik seperti harimau atau gajah, tetapi memiliki daya tarik tertentu. Cangkang spiralnya dibagi menjadi ruang-ruang, ruang terluar yang terbesar menyediakan rumah bagi makhluk tersebut dan yang kosong menyediakan sistem daya apung yang memungkinkan nautilus untuk bergerak naik dan turun mengejar makanan. Selain menjadi anggota dari garis keturunan purba, Nautilus juga makhluk individu yang berumur panjang. Rentang hidup mereka diatas 100 tahun.

 

Kepiting Horseshoe

Juga dianggap sebagai fosil hidup, kepiting Horsehoe bertanggal kembali ke 450 juta tahun lalu. Menurut Science Daily, pada tahun 2008 sebuah tim ilmuwan Kanada menemukan fosil kepiting Horsehoe dari batuan usia Ordovician, 445 juta tahun di Manitoba tengah dan utara. Arthropoda laut hidup terutama di dan sekitar air laut dangkal di pasir lembut atau dasar berlumpur.

Seperti rekan-rekan mereka di atas, hewan-hewan ini telah berhasil bertahan melalui beberapa kepunahan massal di Bumi.

 

Ubur-Ubur

Anggota lain dari dafta ini adalah ubur-ubur. Mereka dapat ditemukan di setiap laut dan merupakan hewan multi-organ tertua yang dikenal di Bumi. Meskipun catatan fosil tertua ditemukan di batuan berumur lebih dari 500 juta tahun, ubur-ubur diyakini bahkan lebih tua, diatas dari 700 juta tahun. Kini hewan laut ini telah berevolusi menjadi hampir 2000 spesies yang berbeda.

Share

Tentang Rinaldo Jonathan

Admin of this site.
Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan