Kenapa Sih Berita Hoax Dan Kebencian Cepat Menyebar? Ini Alasan Di Baliknya… Jangan Ditiru Ya!

Kenapa Sih Berita Hoax Dan Kebencian Cepat Menyebar? Ini Alasan Di Baliknya... Jangan Ditiru Ya!

Kali ini Jaka akan membahas beberapa faktor yang sebenarnya dapat menyebabkan berita hoax dan ujaran kebencian makin cepat tersebar, jadi silakan disimak baik-baik.

Berita bohong (Hoax) dan ujaran kebencian belakangan ini semakin menjadi masalah yang pelik dan rumit di negeri kita ini. Beberapa bulan belakangan ini, berita hoax dan ujaran kebencian semakin menjadi-jadi dan tidak terkendali.

Hal ini tentunya saja dikarenakan faktor banyaknya pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang menyebarkan hoax dan ujaran kebencian serta masyarakat yang tergolong masih kurang kesadarannya untuk menghadapi berita hoax dan ujaran kebencian. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, kali ini Jaka akan membahas beberapa faktor yang sebenarnya dapat menyebabkan berita hoax dan ujaran kebencian makin cepat tersebar, jadi silakan disimak baik-baik.

Kenapa Sih Berita Hoax dan Kebencian Cepat Menyebar? Ini Alasan di Baliknya… Jangan Ditiru Ya!

1. Pengguna Asal Klik dan Share

Share Berita Hoax

Salah satu hal yang menjadi penyebab utama dari maraknya penyebaran berita hoax dan ujaran kebencian adalah karena kebanyakan pengguna media sosial cenderung hanya membaca sebagian dari isi berita yang ditulis oleh akun atau halaman media sosial tertentu dan langsung melakukan share ke publik tanpa mencerna baik-baik isi berita tersebut.

Padahal sebagai pembaca yang baik, tentunya membaca keseluruhan isi berita merupakan hal wajib sebelum menentukan apakah berita tersebut tergolong positif dan layak disebar atau tidak. Jika ternyata berita tersebut berupa hoax atau ujaran kebencian, tentunya sebagai netizen yang baik tidak akan begitu saja melakukan share.

2. Pengguna Enggan Melakukan Verifikasi Sumber Berita

Hoax Tanpa Sumber

Hal lain yang turut menjadi faktor penyebab menyebarnya hoax dan ujaran kebencian adalah karena para pengguna juga enggan melakukan verifikasi sumber berita. Ayolah, ketika kalian membaca berita atau posting dari seseorang, pastikan kalian juga mengecek sumber dari berita tersebut. Jika sumbernya tidak ada, kalin sebaiknya melakukan pencarian di mesin pencari agar kalian bisa memastikan berita atau ujaran kebencian yang kalian lihat itu benar atau hoax.

Untuk masalah ujaran kebencian, sekalipun suatu berita ujaran kebencian itu benar, tentunya kalian tidak perlu memperparah keadaan dengan menyebarkan ujaran kebencian tersebut.

3. Sumber yang Tidak Terpercaya

Sumber Tidak Terpercaya

Sekalipun kalian melakukan verifikasi sumber, jangan pernah melakukan verifikasi ke sumber yang tidak terpercaya seperti pada blog pribadi seseorang. Kenapa? Kebanyakan informasi yang tertera pada blog pribadi seseorang itu bersifat opini atau hanya tulisan yang dibuat berdasarkan kabar yang beredar di internet dan belum bisa dipastikan kebenarannya. Pemilik blog tersebut juga belum tentu siap mempertanggungjawabkan tulisannya.

Carilah sumber yang benar-benar kredibel seperti media nasional, misalnya, yang cenderung netral. Walaupun pada beberapa kesempatan mereka berpihak, setidaknya hampir semua media nasional itu memiliki fakta di tangan mereka.

4. Hati-Hati Pada Tulisan Atau Gambar Editan

Tulisan Atau Gambar Editan

Seiring perkembangan teknologi, sebuah berita juga dapat dimanipulasi dengan cara melakukan perubahan pada gambar dan tulisan yang ada pada berita dengan tujuan menciptakan hoax dan ujaran kebencian. Untuk masalah yang satu ini, para pengguna internet dituntut harus pandai membedakan mana yang asli dan mana yang palsu sambil melakukan verifikasi ke sumber lain yang terpercaya.

Itulah tadi 4 alasan kenapa ujaran kebencian dan berita hoax bisa cepat tersebar, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan bahan introspeksi diri kita masing-masing. Akhir kata, pastikan kalian meninggalkan jejak di kolom komentar serta share ke teman-teman kalian.

Share

Tentang Rinaldo Jonathan

Admin of this site.
Tulisan ini dipublikasikan di Artikel. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan