Menguak Misteri ‘Wkwkwk’ Sampai ‘5555+’

Wkwkwkwkw.

Ketikan di atas mungkin sangat sering anda tulis dalam grup chat. Ekspresi tertawa ini bisa jadi salah satu ketikan paling populer di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, negara lain juga punya loh ketikan tertawa ciri khas mereka.

Dikutip dari Quora.com, di Indonesia, ketikan wkakakka – wkwkwk – kkkkk – jajajjaja ini sering digunakan untuk menggantikan ekspresi tertawa seperti hahaha, hihi, atau hehe, terutama saat online. Biasanya tulisan wkakakka ini dipakai untuk ekspresi ketawa lebar atau ngakak.

Orang Indonesia membaca huruf ‘K’ sebagai ‘Ka’yang kemudian digunakan untuk ekspresi tertawa kakakaka atau sering disingkat kkkkk.

Ekspresi orang Thailand saat tertawa online. (Foto: Twitter)

Di Thailand ekspresi tertawa di dunia online juga punya ciri khas lain. Mereka menggunakan angka 5 untuk menunjukkan ekspresi ngakak.

Angka 5 dalam bahasa Thailand diucapkan ‘haa’ yang terdengar seperti ‘ha’. Maka dari itu, orang Thailand menggunakan angka 5 sebagai ekspresi ‘haha’ atau tertawa.

Mereka akan menggunakan banyak angka 5 untuk menunjukkan seberapa keras mereka tertawa. Beberapa bahkan menggunakan tanda plus (+) 55555555+ yang menunjukkan mereka benar-benar ngakak.

Ekspresi tertawa online (Foto: Dok. Keep Calm-o-Matic)

Sama seperti di Indonesia, di Korea Selatan mereka juga menggunakan huruf ‘K’ untuk mengekspresikan tawa di dunia online. Hanya saja mereka menggunakan huruf hangul ㅋㅋㅋ (“kkk”;).

Huruf ㅋ sendiri memang merupakan huruf K dalam bahasa Korea. Selain ㅋ mereka juga menggunakan ㅎ yang merupakan representasi dari huruf h. Mereka biasa menuliskan beberapa karakter huruf yang sama, ㅎㅎㅎ (“hhh”;) untuk ekspresi tertawa.

Ekspresi tertawa di dunia online. (Foto: Pixabay)

Di Amerika sendiri, ekspresi tertawa biasanya diperlihatkan dengan beberapa singkatan seperti Lol (laugh out loud), Lmao (laughing my ass off) atau rotfl (rolling on the floor laughing). Semua singkatan tersebut sama-sama mengungkapkan ‘ngakak’ dalam dunia online.

Share
Tulisan ini dipublikasikan di Artikel. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan