Misteri Kawah Patomskiy di Siberia


Sebuah situs Aneh di Irkutsk, Siberia ditemukan pada tahun 1949. Situs ini adalah kerucut cembung besar dengan reses berbentuk corong dan bukit bulat di tengah, yang terlihat sedikit seperti sarang elang dengan telur terletak di dalamnya.

Dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, situs yang kemudian dikenal dengan nama Kawah Patomskiy ini, asal muasalnya telah membingungkan para ilmuwan selama beberapa dekade dan muncullah dugaan-dugaan yang diajukan oleh orang-orang mengenai keberadaan situs ini, mulai dari ledakan nuklir, tambang gulag rahasia, hantaman meteorit, bahkan ada yang mengaitkannya dengan UFO dan alien.

Pemikiran saat ini adalah bahwa situs itu memang diciptakan oleh meteorit, tetapi tidak ada bukti yang telah ditemukan untuk mendukung teori ini.

Kerucut ini tingginya 80 meter dan memiliki diameter 150 meter. Kedalaman lingkaran dalamnya adalah sekitar 10 meter.

Situs ini diberi nama Patomskiy, sesuai dengan nama sungai terdekat dan ditemukan oleh seorang ahli geologi bernama Vadim Kolpakov yang mencoba (dan gagal) untuk mengatur perjalanan ilmiah untuk memeriksa situs ini. Namun sejak hampir setahun belakangan ini, telah banyak ekspedisi dilakukan ke situs ini dan mengumpulkan sampel.

Dugaan bahwa gundukan ini adalah slagheap (buangan tambang atau industri) raksasa telah dinyatakan tidak mungkin karena tidak ada cukup banyak orang yang hidup di daerah sekitarnya pada saat kawah ini terbentuk. Dan juga tidak pernah ada kamp kerja paksa atau gulag di wilayah tersebut.

Setengah ton sampel diambil dari situs dengan menggunakan helikopter tahun lalu. Sampel ini menyebabkan para ilmuwan untuk menghilangkan dugaan-dugaan seperti ledakan bijih uranium karena radiasi di situs ini sangat rendah dan tidak ada uranium ditemukan disana.

Sehingga tinggal dua dugaan yang masih tersisa, yaitu gunung berapi dan meteorit. Namun, di situs misterius ini tidak ditemukan materi meteor dan daerah dimana situs berada tidak dianggap vulkanik. Bahkan tidak ada gunung berapi dalam ribuan kilometer dari kawah Patomskiy dan juga tampaknya situs ini relatif baru.

Para ilmuwan berpikir bahwa kawah Patomskiy berusia antara 100 hingga 500 tahun dan bisa jadi kawah ini adalah bukti dari meteorit Tunguska, yang jatuh di wilayah Krasnoyarsk pada tahun 1908, tetapi kawahnya tidak pernah ditemukan.

Diperkirakan meteorit itu terlihat 70 km jauhnya dari ‘sarang elang’ dan jarak ini hanya 10 sampai 15 detik penerbangan.

Peristiwa Tunguska terjadi pada tahun 1908, usia yang termasuk dalam perkiraan usia Kawah Patomskiy, tetapi uji yang terbaru telah menunjukkan bahwa kawah Patomskiy sebenarnya berusia 250 tahun – sehingga bisa saja dibentuk oleh meteorit yang jatuh sebelumnya ketika daerah itu hampir tidak berpenghuni.


Para ilmuwan sekarang berpikir bahwa ada sesuatu dengan kandungan zat besi yang tinggi dan bahan ferromagnetic yang berada antara 100 hingga 150 meter di bawah kawah. Mereka percaya itu bisa jadi meteorit atau objek yang sangat padat yang lain, tetapi mereka belum yakin.

Fakta bahwa kawah Patomskiy ini ‘hidup’ dalam arti berubah terus menerus secara konstan – kenaikan ketinggian dan guguran material- dan bahwa pohon-pohon di dekatnya tumbuh lebih cepat dari normalnya, menambah misteri kawah Patomskiy ini.

Source = Terselubung

Share

Tentang Rinaldo Jonathan

Admin of this site.

Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan