Monster Sungai Afrika


Goliath tigerfish (Hydrocynus goliath) atau juga dikenal dengan nama giant tigerfish atau mbenga, adalah anggota terbesar dari klan tigerfish, genus dari ikan predator bengis dengan gigi-giginya yang mirip belati.

Seperti yang dikutip dari Alam Mengembang Jadi Guru, Goliath tigerfish berasal dari basin Sungai Kongo, Sungai Lualaba, Danau Upemba dan Danau Tanganyika di Afrika. Goliath tigerfish yang terbesar dari yang pernah dicatat memiliki panjang 1,53 meter dan beratnya 70 kg. Dan ikan ini mengalahkan ikan-ikan Afrika lainnya dalam hal kecepatan dan kekuatan.

Penduduk setempat mengatakan bahwa goliath tigerfish adalah satu-satunya ikan yang tidak takut buaya dan ikan ini juga kanibal, benar-benar memangsa yang lebih kecil. Ikan ini juga menyerang manusia meskipun jarang terjadi.

Goliath tigerfish punggungnya berwarna zaitun dan perut keperakan. Tetapi jika Anda melihatnya, apa yang akan Anda ingat adalah mulutnya yang bergerigi, ada 32 gigi yang runcing dan tajam. Setiap gigi bisa tumbuh sampai satu inci panjangnya. Gigi Goliat tumbuh di tepi rahangnya – monster ini nyaris tanpa bibir. Dan ketika gigi-gigi tersebut dibenamkan pada mangsanya, maka potongan yang terjadi hampir seperti potongan pisau bedah. Fitur-fitur tersebut, dikombinasikan dengan tubuhnya yang berotot, membuat Goliat seperti mesin pembunuh alami.

Goliath tigerfish menyukai perairan yang bergolak, di mana ikan-ikan lain berjuang melawan arus, membuat mereka rentan terhadap serangan. Goliat memiliki penglihatan yang sangat baik dan kemampuan untuk merasakan getaran frekuensi rendah yang dipancarkan oleh mangsa. Ikan ini biasanya mengelilingi ikan lain yang kurang beruntung sebelum menerkamnya dengan kebrutalan piranha. Goliath telah dikenal menerkam ikan lele seberat 27 kg dan benar-benar mengirisnya menjadi dua. Usia Goliat di alam liar, tidak diketahui pasti, tapi mereka bisa hidup 10 sampai 15 tahun di penangkaran.

Source = Terselubung

Share

Tentang Rinaldo Jonathan

Admin of this site.

Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan