Nonton Gerhana Matahari 9 Maret Harus Pake Kacamata Spesial Gan

Wahh bentar lagi banget nih gan Gerhana Matahari Total bakal nyampe di Indonesia. Enggak sampe seminggu lagi. Pastinya kita semua penasaran banget sama fenomena alam yang satu ini. Soalnya emang jarang-jarang banget gerhana kayak gini nyamperin bumi Indonesia. Pastinya kita-kita pengen banget nontonin nih acara Gerhana yang tayang setiap hari rabu (eh itumah Gerhana sinetron jaman dulu ), maksut ane pengen banget kita nontonin Gerhana penuh yang bisa kita liatin tanggal 9 Maret tahun ini. Tapi gan, menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) ternyata kita dianjurkan menggunakan kacamata khusus untuk melihat fenomena alam yang jarang terjadi ini gan, karena akan merusak mata kita nantinya kalau melihat dengan mata telanjang

Ini dia gan berita kalau kita dianjurkan menggunakan kacamata khusus buat ngeliat gerhana matahari total tanggal 9 Maret 2016 itu nanti.

Pada tanggal 9 Maret 2016 ini Gerhana matahari total akan melintasi Indonesia. Momen ini sangatlah langka dan Indonesia menjadi satu-satunya negara yang daratannya kali ini dilalui oleh Gerhana matahari total ini. Pada tahun 1983, Indonesia sempat juga dilintasi oleh Gerhana matahari total ini, namun ketika itu karena ada himbauan dari pemerintah untuk bersembunyi dan menghindari sinar matahari karena dianggap memancarkan radiasi matahari yang membahayakan bagi masyarakat. Karena hal ini membuat masyarakat bersembunyi di dalam rumah bahkan ada yang sampai bersembunyi di bawah tempat tidur. Akhirnya masyarakat Indonesia kehilangan momen untuk dapat menyaksikan fenomena gerhana matahari total ketika itu.

Kini, setelah adanya peningkatan kesadaran dari pemerintah dan masyarakat, membuat masyarakat sangat ingin menyaksikan fenomena alam ini. Tapi tetap saja untuk menyaksikan gerhana matahari total ini pemerintah tidak menganjurkan untuk melihatnya dengan mata telanjang tetapi dengan menggunakan kacamata khusus.

Ketua LAPAN, Thomas Djamaluddin, mengatakan, kacamata pelindung berguna untuk meredupkan sinar matahari hingga 100 ribu kali. Menurutnya, sebaiknya kacamata digunakan saat fase sebagian. Momen ini terjadi ketika bulan belum sepenuhnya menutup matahari. “Kacamata digunakan saat fase sebagian, walaupun sudah pakai kacamata sebaiknya jangan terlalu lama menatap gerhana,” kata Thomas.

“Yang harus diwaspadai ketika peralihan dari total ke gerhana sebagian. Pada saat total, pupil mata cenderung membesar karena gelap,” lanjut Thomas. Ia menambahkan jika terlalu asyik melihat Gerhana Matahari Total dan matahari mulai terlihat saat peralihan dari gerhana total ke gerhana sebagian, hal itu yang akan menyebabkan kerusakan mata.

Pasalnya, pupil mata yang dalam keadaan membesar saat gerhana total bisa rusak ketika cahaya matahari mulai memasuki mata saat peralihan. “Kalau tidak terlalu lama melihat Gerhana Matahari atau sekilas itu aman-aman saja,” jelasnya. Ketika sudah menutup sempurna, masyarakat dapat melepas kacamata. hal ini dikarenakan masyarakat dapat melihat keindahan korona (bagian paling luar dari atmosfer matahari) saat fase sempurna.”Ketika sudah menutupi bulan, kacamata bisa dilepas agar kita bisa melihat korona. Bagian ini tidak akan terlihat saat hari biasa,” lanjutnya.

Nah tudia gan makanya kita harus nyari nih kacamata spesial untuk ngeliat Gerhana matahari ini. Ane juga enggak tau sih gan kacamata ini nyari di mana. Nah kalo yang ini foto-foto cara pabrik-pabrik untuk membuat kacamata khusus untuk melihat Gerhana matahari ini.

Pekerja menyiapkan lembaran bahan frame dalam pembuatan kacamata gerhana matahari di Imah Noong, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, 1 Maret 2016. Dengan filter khusus sebagai bahan kacamata ini memungkinkan kita dapat melihat proses gerhana matahari dengan aman.

Pekerja menyelesaikan pembuatan kacamata gerhana matahari di Imah Noong, Bandung Barat, Jawa Barat, 1 Maret 2016. Kacamata gerhana matahari ini berbahan filter khusus, yaitu ND5.

Pekerja menempel kacamata gerhana matahari dengan filter khusus ND5 di Imah Noong, Bandung Barat, Jawa Barat, 1 Maret 2016. Dengan kacamata khusus ini, kita dapat menatap gerhana matahari dengan aman selama durasi yang direkomendasikan sekitar dua menit.

Kacamata gerhana matahari dengan filter khusus ND5 di Imah Noong, Bandung Barat, Jawa Barat, 1 Februari 2016. Kacamata ini merupakan buatan astronom Hendro Setyanto yang dibuat lebih dari 50.000 buah.

Warga mencoba kacamata gerhana matahari dengan filter khusus ND5 buatan Imah Noong di Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, 1 Maret 2016. Lebih dari 50.000 buah kacamata gerhana matahari ini telah habis dipesan untuk pengiriman ke seluruh Indonesia.

Astronom Hendro Setyanto menunjukan filter khusus ND5 untuk teleskop Bresser di Imah Noong, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, 1 Maret 2016. Pembuatan kacamata ini ini merupakan persiapan jelang gerhana matahari total yang akan terjadi pada 9 Maret 2016.

Nah itu dia gan fenomena Gerhana matahari di tahun 2016 ini. saatnya kita menjelajah nih gan buat nyari kacamata, terus kita juga bisa jalan-jalan untuk nyari spot terbaik dan bisa menyaksikan fenomena yang emang datengnya jaraang bangeet ini. Yuks gan saatnya hunting Gerhana matahari ini

Sumber : Tempo, Kompas, Okezone

Share

Tentang Rinaldo Jonathan

Admin of this site.

Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan