Pengen Keliatan Lebih Pintar? Cobain Tips Ini!

Siapa bilang hari gini susah cari cara biar keliatan jadi lebih pinter? Pasti bangga dong kalo di sekolah dijulukin orang yang serba bisa karena skill kita yang memumpuni di segala bidang, mulai dari belajar di kelas, ekstrakurikuler, sampe organisasi di sekolah. Nah biar skill kita nambah dan makin eksis dengan julukan serba bisa tadi, cobain trik satu ini biar kita keliatan lebih pinter.

1. GAIN OUR KNOWLEDGE BY READING SOME NEWS

Udah pada tau belum kalo news anchor salah satu televisi swasta di Indonesia, Najwa Shihab adalah salah seorang Duta Baca Indonesia tahun 2016-2020 yang dipilih langsung sama Perpustakaan Nasional RI? Udah cantik, pinter, sukses raih beberapa award di dunia jurnalistik, dan sekarang jadi Duta Baca Indonesia, siapa yang nggak kepengen kayak Najwa Shihab?

Nah, salah satu trik buat kita yang pengen keliatan smart kayak Najwa Shihab, coba deh mulain biasain kegiatan membaca dan pahamin setiap makna dari tulisan yang kita baca. Entah itu buku ensiklopedia, buku biografi, berita online, novel, and everything that can help us to gain our knowledge. Kalo bisa sempetin deh tiap malem pas buka Instagram, visit ke akun-akun yang selalu update soal berita atau pengetahuan kayak Infia Fact, indozone.id, atau Buzzfeed News.

2. ENLARGE OUR CONNECTION

We’re not talking about introvert, extrovert, either ambivert. Kalo kepengen ngasah kemampuan kita dan keliatan lebih pinter, try to build relation with somebody. Kita juga nggak bisa selalu menutup telinga kita karena terlalu sering jadi andalan banyak orang karena bakat kita yang bisa ngelakuin banyak hal di sekolah.

Tapi, buat kita yang dari awal udah aktif banget organisasi like OSIS, karang taruna, atau bahkan yang kuliah mungkin sering banget datengin seminar-seminar, it’s pretty nice karena dengan berkecimpung aktif di organisasi atau seminar gini secara nggak langsung kita pun bakal kecipratan energi positif dari apa yang kita denger dan lakuin.

Begitu juga kalo di kelas misalnya yang dikasih kesempatan sama dosen atau guru pas dapet tugas kelompok. Cari atau tawarin diri buat masuk ke kelompok yang diisi sama beberapa orang yang pinter. Bukan untuk manfaatin mereka, but try to discuss each other. Walaupun kita nggak ngerti juga soal pembahasannya, tapi dengan ngedengerin pun bisa bikin kita ngerti. Dengan catatan, catat dan baca lagi di rumah tentang apa yang kita pelajarin hari itu.

3. SUPPORT BY APPS

Di zaman yang apa-apa tinggal download aplikasi di smartphone buat kebutuhan sehari-hari harusnya juga bisa ngasih benefit buat kita. Daripada bolak-balik scrolling timeline buat liat update-an temen-temen kita yang lagi nongkrong atau sekedar dengerin lagu, mending coba deh download aplikasi yang bisa ngasih kita lebih banyak benefit, like aplikasi portal berita, Lumosity, Memorado, Elevate yang bisa ngasah kinerja otak kita lewat games di dalamnya, sampe Owl apps yang ngasih kita banyak fun fact. Kita juga bisa lebih rajin buat take a notes baik di smartphone atau buku catatan yang selalu kita selipin di dalem tas buat nyatet info-info penting biar nggak gampang lupa.

4. REPEAT AFTER THAT

Pasti pernah dong waktu mau ujian atau kuis satu kelas pasti pada sibuk buat belajar atau diskusi satu sama lain soal materi yang bakal keluar besok? Nah kalo kita dipercaya dan diandalin kayak gini, terima dan jalani dengan senang hati deh. Karena once kita yang sebelumnya udah paham waktu guru nerangin materi, nyatet, atau baca-baca dan kita pun dengan senang hati mau sharing ke temen-temen kita yang belum ngerti, ini ngebantu banget buat ngelatih otak kita biar lebih siap buat ujian besok.

Walaupun kedengerannya terlalu makan waktu, ngejelasin apa yang udah kita pelajarin ke orang lain dipercaya bisa bikin otak kita lebih pinter. Karena nggak cuma asal ngomong aja, waktu kita bicara dan ngejelasin poin-poin materi ke temen kita, secara nggak langsung kita pun kembali mengulang apa yang udah kita pelajarin kemarin, dan pasti dong bikin skill komunikasi kita pun bertambah. Kalo sama-sama berusaha dan in the end dapet nilai bagus kan jadi sama-sama enak, hehehe.

5. GO OUT AND FIND ANOTHER ONE

Beruntunglah buat kita yang punya kenalan di mana-mana. Entah itu temen yang ketemu waktu study exchange ke luar negeri, kenalan dari temen kita sendiri, atau temen yang kenal dari organisasi lainnya waktu pas acara makrab.

Semakin banyak orang yang kita temuin, makin banyak juga pengalaman yang bisa kita serap dan ambil positive sidenya buat kemajuan diri kita. Jangan pernah segan buat nyapa duluan misalnya waktu kita hadir di birthday party temen sekelas kita dan nggak ada satu orang yang kita kenal. Coba buat berbaur dengan sekitar dan jangan segan buat kenalan duluan sama salah satu tamu di acara ini. Nggak ada salahnya buat ngajak kenalan duluan dan make sure waktu jabat tangan kita pun antusias menyambutnya. It would be nice kalo kita berpikir dulu sebelum berbicara waktu pertama kali nyoba buat buka obrolan dengan orang yang baru pertama kali kita kenal. Let them speak about their life siapa tau dari sini kita bisa dapetin banyak info soal pengalaman magangnya yang baru aja selesai minggu lalu.

6. CHANGE OUR LIFESTYLE

Begadang, makan nggak teratur, jarang olahraga pasti udah jadi bad habit kita sehari-hari. Ngebiasain diri kita buat olahraga entah itu jogging atau minimal stretching sebelum ngampus atau berangkat sekolah bisa banget bikin pikiran kita segar lho!

Terus, biasain buat tidur sebelum jam 11 malem deh. Kenapa jam segitu? Karena bayangin deh kalo buat kita yang masuk sekolah jam 6.30 dan tidur lewat dari tengah malem, berapa jam waktu istirahat yang kita dapetin? Sementara idealnya tidur yang efektif itu antara 7-8 jam sehari. Yang keseringan begadang terlalu larut pasti deh jadi sering telat sampai sekolah kan, belajar juga jadi nggak fokus karena ngantuk.

Usahain juga selalu sarapan sebelum memulai aktivitas. Jangan melulu makanin mie instant atau chicken nugget yang ada di kulkas ya! Sebaiknya ganti sarapan kita dengan makanan yang kaya akan protein kayak ikan, di mana riset dari Norwegia sendiri ngeklaim kalo kita mengonsumsi minimal 10 gram daging ikan dalam sehari bisa bantu otak kita berpikir lebih tajam.

Last but not least, sempetin selalu buat refreshing dari rutinitas kita sehari-hari. Kalo dirasa udah overload banget otak kita buat belajar karena dipaksa untuk terus mikir dan menghafal, just stop for a moment. Kalo udah jenuh dan malah kita paksa terus, yang ada percuma. Coba deh sekali-kali bikin plan entah itu bareng sahabat, keluarga, atau pacar buat refreshing. Dijamin deh sekali kita udah dapetin kualitas refreshing yang maksimal, kita pun bakal lebih gampang ngelanjutin proses belajar lagi. Yeayy!

Share
Tulisan ini dipublikasikan di Artikel. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan