Rest In Peace Cakewalk

17 November 2017, Gibson memutuskan menghentikan development Cakewalk.
Sebenarnya ini bukan berita baru, tapi entah kenapa aku gak dengar beritanya. Beritanya bisa dibaca disini.

Cakewalk sendiri sudah berumur 30 tahun.

Singkat cerita, Cakewalk Pro Audio adalah batu loncatan aku yang pertama ke dunia musik komputer.
Aku ingat dulu pas SMP, ada kelas komputer tambahan, dan kami diajarin pakai Cakewalk Pro Audio untuk buka file MIDI, setelah sebelumnya kami diajarin SONY SoundForge (sekarang sudah dibeli MAGIX).

Kalau diingat, dulu aku pernah bikin sequencer pakai Cakewalk Pro Audio bajakan … ya pas itu memang aku belum terfokus beli software asli. Lagian dulu, fokusnya memang cuma belajar, bukan untuk komersil. Lalu karena aku bandel, guru aku kenalin Sonic Foundry ACID 4.0 (Udah dibeli MAGIX juga). Tapi nyangkut disitu aja, karena aku juga gak terlalu paham cara pakainya. Tetap lebih sering aku pakai Cakewalk. Dulu juga kami pernah ada tugas, untuk bikin cover lagu, tapi instrumen nya pakai MIDI yang download di internet. Aku lupa juga bikin lagu apa, dan aku lupa anggotanya siapa aja. :hammers Lagian hasil akhirnya kacau juga.

Selanjutnya, aku kenal FL Studio. Masih ngebajak juga, tapi sekarang udah ngerti membajak VST. Makin banyak deh dosa :hammers dan VST yang aku bajak pertama adalah Cakewalk Z3TA+ 2. Tapi saking ribetnya, gak banyak juga kepake. Jauh lebih banyak aku pakai MASSIVE, walaupun preset semua. MASSIVE akhirnya aku beli sih, gabung ke Komplete 10 Ultimate.
Sempat dulu terpikir mau beli Cakewalk SONAR, apalagi kemarin banyak bundling nya. Ada effect TH2 juga, tapi belum keburu beli. Sekarang Cakewalk tinggal kenangan. :(

Thanks for the walk, Cakewalk. Sampai kapanpun, akan tetap selalu dikenang. Maaf kalau aku belum sempat beli produk yang asli :(

Aku tetap punya mimpi, untuk buat software house musik berskala besar, tapi open source. Mirip Ardour, tapi jauh lebih serius lagi. Kenapa? Biar tidak ada lagi yang membajak, karena semua sudah gratis.

Iya, suatu saat nanti … kalau aku gak sakit sakitan.

UPDATE : Cakewalk SONAR dibeli oleh BandLab, 4 April 2018! Menurut official statement nya, SONAR di re-launch sebagai “Cakewalk by BandLab”, dan sekarang GRATIS untuk semua orang!

Berikut berita dari press releasenya, ditranslate seadanya.

SINGAPORE, 4 APRIL 2018 — Hari ini, BandLab Technologies meluncurkan akses awal ke ‘Cakewalk by BandLab’ – menggantikan SONAR, DAW ikonik yang didevelop oleh Cakewalk Inc.  Rilis produk yang sangat ditunggu ini menyusul pengumuman dari BandLab Technologies bulan lalu, kalau dia sudah mendapat semua hak paten dan beberapa aset lain dari Gibson Brands.

Penerus DAW legendaris ini dapat didownload secara gratis melalui https://cakewalk.bandlab.com. DAW yang dihidupkan kembali ini, disertai semua fitur utama SONAR Platinum seperti Skylight user interface, ProChannel modules, dan 64-bit mix engine.

Cakewalk by BandLab adalah versi dari SONAR Platinum yang disederhanakan – dan beberapa produk pihak ketiga dalam bundle tidak lagi disertakan. User lama yang sudah memberli bundle atau produk pihak ketiga secara individual tetap dapat menggunakan semua plugins nya dengan Cakewalk by BandLab.

  • Instalasi baru dari Cakewalk by BandLab via BandLab Assistant tidak mempengaruhi instalasi sebelumnya dari SONAR.
  • Semua user dapat mendownload Cakewalk by BandLab dan mengakses seluruh fitur secara gratis, tanpa batas.
  • Bundle apapun atau plugin yang sudah dibeli sebelumnya yang bisa dipakai di SONAR akan bisa juga dipakai di Cakewalk by BandLab.

Untuk lebih jelasnya, bisa langsung menuju ke https://cakewalk.bandlab.com.

Share

Tinggalkan Balasan