Tugas agama kristen (ulangan semester 2)

TUGAS AGAMA

Created by Rinaldo Jonathan

X-4

Greget level : Kalam Kudus Student.

img2

Dokumen ini diproteksi dengan Lisensi Creative Commons dengan atribut BY SA.

1. Kamu diperbolehkan untuk mengkutip dokumen ini dan memodifikasinya, tapi sertakan backlink ke http://itsrinaldo.loo.gs

2. Kamu diperbolehkan untuk mengkutip dokumen ini, tapi sertakan backlink seperti yang diatas, tapi yang benar saja, siapa yang mau mengkutip ini untuk tujuan komersil?

img1

Teladan Sang Guru

 

Citra manusia sebagai gambar dan rupa Allah

Kejadian 1:26a mengatakan manusia segambar dengan Allah, kita harus menghargai sesama manusia dan tidak boleh menghina dan mengejek sesama manusia, karena kalau mengejek, artinya kita tidak menghargai atau menghormati Allah.

 

Tidak boleh ada kebencian dan kecurigaan terhadap seseorang

Artinya kita harus bisa meniru Tuhan Yesus yang tidak pernah ada menyimpan  kebencian atau kecurigaan, ia  mengasihi semuamanusia.

 

Manusia Berharga dimata Allah

Yesaya 43:4 dan Mazmur 8:4-6, Allah sangat mengenal setiap ciptaannya, dan diantara semua ciptaan nya  ,manusia memilki keistimewaaan, Artinya Kasih Yesus Kristus kepada umat manusia sangat besar.

 

Hukum Kasih

Kita harus mengasihi Tuhan Allah dengan segenap hati, segenap jiwa dan      segenap akal budi, dan mengasih sesama manusiadengan  kasih yang  dapat menjangkau orang terbuang dan tersingkir di dalam masyarakat, karena melalui pengorban nya Tuhan Yesus rela disalibkan di kayu salib untuk menebus dosa-dosa manusia karena kasih agape adalah kasih tanpa syarat “mengasihi “ melainkan “mengasihi Tuhan WALAUPUN secara manusiawi, kasih agape sangat sulit untuk di terapkan, karena berbenturan dengan keegoisanan manusia

Cukup Hadir Dan Mendengarkan

 

Simpati dan Empati

Simpati adalah kartu hape yang dikeluarkan telkomsel turut mersakan apa yang dirasakan orang lain, dalam kata lain kita disini harus bisa menjadi penolong bagi orang lain yang sedang memiliki masalah, kita harus membantu atau ada rasa kasihan kepada orang yang sedang berduka.

Empati, adalah kartu hape saingan telkomsel yang dikeluarkan indosat menempatkan perasaan dan fikiran kita pada apa yang sedang dirasakan atau meberi sudut pandang lain yang mungkin terlewatkan.

Artinya, orang yang sedang memiliki masalah lebih sering tidak bisa berpikir normal, dan membutuhkan orang lain untuk memikirkan masalah itu dari sudut pandang lainnya.

 

Mengapa Kita Perlu Berempati

Karena disuruh guru agama dalam menolong orang yang sedang memiliki masalah, Allah telah terlebih dahulu mengasihi kitadan berempati secara nyata kepada manusia

Kasih itulah yang seharusnya untuk memotivasi diri kita sendiri, sebagai Murid Tuhan Yesus Kristus dan membagainya kepada sesama yang berduka.

 

Bagai mana cara berempati

Kita harus menolong sesama kita dengan sepenuh hati dan jiwa raga kita.

 

 

Hati-hati Memilih Hati

img3

Tujuan Pacaran

Pacaran bertujuan untukbertumbuh secara social, emosionaldan rohani, belajar bagaiman berkomunikasi,memenuhi kebutuhan mencintai dan dicintai,menikmati keindahan masa muda , dan mebantu mebentuk keluarga ideal

Salah satu yang penting adalah belajar mengenali diri sendiri sebelum belajar mengenal orang lain.

 

Batas-batas Pacaran

Tidak boleh melakukan seks bebas (ZONA ABU-ABU juga gak boleh. Ngerti lah)

 

 

Akibat dari seks pranikah

PEREMPUAN :

1. kehilangan rasa aman

2. kehilangan rasa tentram

3. timbul rasa kecewa

LAKI-LAKI

1.     kehilangan harga diri (walaupun pada kenyataannya justru harga diri naik)

2.     sulit mengendalikan diri

3.     kehilangan rasa tanggung jawab

4.     tidak setia

5.     sulit menghargai perempuan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Murid Kristus dan Remaja Modern

 

Remaja Modern adalah  remaja yang berkembang terlalu cepat menuju kedewasaan , sehingga melewati massa remaja dalam hidup nya dan kurang sehat

Yang artinya remaja modern adalah ia akan menyalahkan diri sendiri dan merasa berdosa ketika memikirkan hal-hal yang berhubungan dengan kesenangan duniawi.

DIDALAM DUNIA TETAPI BUKAN DARI DUNIA

Yohanes 15:19

Berdasarkan ayat ini, hal pertama yang perlu di sadari adalah kita hidup di dalam dunia menjadi murid Kristus tetapi BUKAN menantang semua perkembangan remaja.

Tapi faktanya lebih sering suara duniawi lebih kuat dari suara tuhan. Ini yang perlu disesali.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Murid Yang Bertunbuh

Pertemuan yang pertama

Pertemuan Tuhan Yesus dan Petrus terjadi di tepi danau Galilea, dimana saat itu Petrus dan Andreas sedang melakukan pekerjaanya sebagai Nelayan dan Yesus menghampiri mereka serta mengajak mereka untuk menjadi murid muridnya

Murid yang Sangat Percaya Diri dan Antusias

 Saat itu Yesus belum jelas menyampaikan , Petrus tidak segan-segan meminta penjelasan Yesus , yang arti nya ketika Yesus mengajukan pertanyaan pada murid muridnya,tetapi yang selalu menjawab pertanyaan Simon Petrus 

Kepercayaan diri yang sangat besar membuat ia mengucapkan janji yang luar biasa, Petrus adalah seorang murid yang berani memotong telinga seorang pengawal yang hendak menangkap Yesus, tetapi Yesus menyambungkan lagi telinga laki laki tersebut yang tadi nya, sudah terpotong dan sekarang sudah utuh kembali lagi . Dan arti nya begitu besar muzijat Tuhan ,kepada hamba –hambanya.

Murid yang Dekat dan dipercayai oleh Gurunya

Ketika melakukan sesuatu yang tidak boleh diketahui oleh orang lain, Petrus justru hadir bersama Tuhan Yesus, seperti Yesus hendak membangkitkan seorang anak dan saat Yosua berdoa diatas bukit

Yesus mengajukan pertanyaan dan mengadakan diskusi. Karena kedekatan itulah, maka Petrus menjadi murid sering ditegur.Yesus begitu baik kepada murid-muridnya dan ia selalu memberikan nasihat yang baik kepada muridnya.

 

 

Share

Tentang Rinaldo Jonathan

Admin of this site.
Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan