Inilah Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar PHP

Web development merupakan bidang yang cukup luas di mana ada banyak pilihan teknologi untuk dikuasai. Pembaca yang ingin terjun ke dunia web development mungkin tengah berhadapan dengan beberapa pilihan teknologi ini. PHP, Python, Ruby, JavaScript, atau Java harus dipelajari?

Artikel ini akan meyakinkan pembaca untuk belajar PHP dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Mau tahu apa saja alasan mengapa kita harus belajar PHP? Ini dia alasan-alasannya.

Populer

PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman paling populer, tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh penjuru dunia. Sekitar 80% dari 10 juta situs top dunia menggunakan PHP. Menurut data yang dirilis oleh Tiobe, PHP selalu masuk ke dalam 10 bahasa pemrograman populer sejak tahun 2001, dan masih akan tetap seperti itu hingga bertahun-tahun mendatang.

PHP Selalu Masuk 10 Besar

PHP Selalu Masuk 10 Besar

Memiliki Komunitas yang Besar

Harus diakui bahwa PHP memiliki basis komunitas yang sangat besar. Salah satu yang terbesar di Indonesia. Lihat saja grup PHP Indonesia yang ada diFacebook. Saat ini ada lebih dari 100 ribu anggota yang bergabung di sana, jumlah yang jauh lebih besar dibanding grup pemrograman lain di Indonesia. Komunitas-komunitas PHP juga sering mengadakan event keren loh, contohnya adalah PHP Indonesia National Conference 2015 yang diadakan tahun lalu.

Komunitas PHP Indonesia rajin mengadakan event

Komunitas PHP Indonesia rajin mengadakan event

Dengan komunitas yang begitu besar, kita tak akan kesulitan untuk mendapatkan bantuan saat menemui kesulitan. Namun, gunakanlah bahasa yang baik saat akan bertanya. Baca artikel ini untuk tips-tips bertanya di forum.

Memiliki Sumber Belajar Berbahasa Indonesia yang Melimpah

Kendala bahasa masih menjadi masalah bagi sebagian orang. Sumber belajar bahasa pemrograman dalam Bahasa Indonesia masih minim, namun ada pengecualian untuk PHP. Karena kepopulerannya, sumber belajar berbahasa Indonesia melimpah ruah. Tidak lah sulit untuk mencari tutorial PHP berbahasa Indonesia baik yang berbentuk tutorial tertulis maupun video.

Jika pembaca mengunjungi toko buku yang menjual buku komputer, pasti akan ada buku yang membahas pemrograman PHP baik yang murni maupun framework (CodeIgniter, Laravel, CakePHP, dll).

Codepolitan juga punya kanal khusus untuk belajar PHP

Codepolitan juga punya kanal khusus untuk belajar PHP

Didesain Untuk Web

Saat pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf, PHP memang didesain untuk web. Aplikasi PHP yang dibuat pertama kali merupakan skrip untuk mengolah data formulir dari web. Jadi, jika pembaca memang ingin menggeluti bidang web development, PHP wajib untuk dipelajari.

Lapangan Pekerjaan yang Luas

Tengoklah lowongan kerja untuk web development diberbagai situs pencari pekerjaan. PHP merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak dicari. Jadi, masih takut tak dapat pekerjaan dengan belajar PHP?

Selalu ada kursi yang tersedia untuk programmer PHP

Selalu ada kursi yang tersedia untuk programmer PHP

Mudah Untuk Dipelajari

Tidak seperti bahasa pemrograman seperti C/C++ maupun Java yang dapat membuat pusing kepala, PHP relatif lebih mudah untuk dipelajari. Banyak contoh programmer keren yang dapat menguasai PHP meskipun mereka tidak memiliki latar belakang ilmu komputer/informatika. Tidak percaya? Coba deh baca artikel tentang pak Iskandar Soesman di Codepolitan.

Belajar PHP paling asyik dengan ditemani secangkir kopi hangat

Belajar PHP paling asyik dengan ditemani secangkir kopi hangat

Selain itu, karena memiliki komunitas yang besar, kita punya banyak orang yang siap membantu apabila menemui kesulitan saat belajar. Materi yang sulit akan lebih mudah dipelajari apabila belajar bersama teman-teman bukan?

Hosting yang Murah Meriah

Tidak seperti bahasa pemrograman yang lain, aplikasi web yang dibuat menggunakan PHP tidak memerlukan server khusus agar dapat diakses oleh pengguna. Banyak perusahaan penyedia layanan hosting aplikasi web berbasis PHP dengan harga yang sangat murah.

Penutup

Apakah sekarang pembaca sudah yakin untuk belajar PHP?

Ataukah ada pembaca Codepolitan yang ingin menyumbangkan alasan mengapa kita harus belajar PHP? Jangan sungkan untuk berbagai bersama komunitas lewat form komentar di bawah.

Sumber : Codepolitan

Share

Tentang Rinaldo Jonathan

Admin of this site.

Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan